Modul Microsoft Office PowerPoint 2007

1.       Mengoperasikan Microsoft Power Point 2007

Presentasi merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk memberikan materi pelajaran, menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain. Keperluan untuk melakukan presentasi sudah berkembang sedemikian luas. Sekarang presentasi tidak hanya dilakukan oleh para pelaku bisnis tetapi juga oleh siswa untuk mepresentasikan hasil tugasnya, guru untuk mengajarkan siswa dengan cara yang lebih interaktif, juga oleh dokter dalam memberi penyuluhan.

Sedemikian luasnya kegunaan presentasi sehingga untuk mengetahui cara pemakaian perangkat lunaknya bisa dikatakan sudah menjadi kewajiban setiap orang yang ingin maju di dunia ini. Salah satu perangkat lunak yang dapat membantu kita membuat suatu presentasi ada dalam famili Microsoft Office. Program yang dimaksud adalah Microsoft PowerPoint. Dalam Microsoft PowerPoint 2007, menu – menu yang tersedia sangat memudahkan dan memberikan banyak fasilitas menu untuk membuat dan merancang suatu presentasi yang menarik dan interaktif, dimana dalam membuat presentasi dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi.

2.      Memahami Konsep Dasar Microsoft Office Powerpoint 2007

Beberapa menu-menu utama dan shortcut yang terdapat dalam Microsoft Office PowerPoint. Fungsi dan kegunaannya harus Anda mengerti dalam mengoperasikan PowerPoint dengan baik dan menarik.

powerpoint 2007

Dalam Microsoft Office Powerpoint 2007, kita menggunakan Ribbon, dimana Ribbon ini adalah tampilan baru untuk Powerpoint 2007, mengganti menu dan toolbar. Ribbon dirancang untuk membantu bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh Powerpoint 2007.

Lokasi dari Ribbon yaitu berada paling atas dari jendela presentasi dan terdiri dari Tabs yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai jenis aktifitasnya. Masing-masing tab terdiri dari beberapa Groups. Setiap group terdiri dari beberapa Tombol Perintah atau Command Button.

 Ribbon Powerpoint 2007

Selain Standard Tabs yang ada pada Ribbon, Powerpoint 2007 juga menyediakan Tab lain yang biasa disebut Contextual Tab, yangotomatis muncul ketika sedang memilih atau bekerja dengan objek seperti Table, picture atau Drawing.

Bagi yang memerlukan Modul Microsoft Office PowerPoint 2007 silahkan DOWNLOAD DISINI.

Terima Kasih.

Rilis BlackBerry OS 7

Sistem Black Berry OS 7operasi generasi terbaru dari Blackberry ini memiliki peningkatan kecepatan yang signifikan, serta sistem penjelajahan yang lebih halus. Kombinasi WebKit browser engine  dengan performa yang telah diperbaharui dengan signifikan memberikan hasil peningkatan lebih cepat saat browsing hingga 40% lebih cepat dari sistem operasi Blackberry 6, dan 100% lebih cepat dari generasi Blackberry 5. Optimalisasi zooming dan panning memberikan kehalusan saat bernavigasi dunia maya, serta mengoptimalkan performa HTML5 untuk pengalaman video dan gaming yang lebih baik.

Jajaran ponsel pintar berbasis Blackberry 7 mengadopsi teknonologi Liquid Graphics yang mengkombinasikan prosesor grafis tinggi dengan CPU sehingga menghasilkan pengalaman layar sentuh yang lebih menarik dengan kecepatan tinggi dan grafis yang halus.

Peningkatan akan dirasakan pula saat menggunakan Blackberry Messenger yang memperpanjang ketepatan waktu ke beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi Social Feed 2.0 terbaru telah diperluas untuk mendapatkan update dari medua dan podcast dalam satu pandangan terkonsolidasi. Aplikasi Facebook untuk Blackberry memperkenalkan fitur terintegrasi antara Facebook chat dan Blackberry Messenger yang memudahkan pengguna untuk melakukan interaksi dengan teman dan kerabat.

Hadir pula aplikasi Documents To Go versi premium yang diberikan secara cuma-cuma, sehingga memberikan kemudahan saat pengguna melakukan perubahan dokumen dan membaca dokumen PDF.

Untuk dapat menggunakan sistem operasi Blackberry 7, setiap ponsel dilengkapi dengan perangkat keras terbaru, termasuk prosesor 1.2 GHz, perekaman video kualitas HS, resolusi grafik 24-bit dan sensor terbaru yang mampu mendukung aplikasi real seperti Wikitude.

BlackBerry Bold 9900 dan 9930

Blackberry Bold 9900 merupakan seri Blackberry tertipis yang memiliki ketebalan hanya 10,5 mm dan menjadi seri pertama yang menawarkan kombinasi menawan dari papan ketik dan layar sentuh terintegrasi dengan disain Blackberry Bold. BlackBerry Bold 9900 dan 9930 memiliki dukungan built-in untuk Near Field Communications (NFC) yang merupakan teknologi baru yang mampu menjalankan berbagai kapasitas menarik.

 

Kedua jenis Blackberry ini memiliki disain yang cantik dengan dilengkapi papan ketik yang lebih efektif dan disain sentuh memukau. BlackBerry Bold 9900 hadir dengan kualitas premium termasuk stainless steel frame yang semakin menambah nuansa elegan pada ponsel.

 

BlackBerry Torch 9810

Ponsel pintar ini memiliki fungsi yang lebih cepat dan lebih dinamis dengan fitur perangkat keras berkualitas tinggi dan memberikan pengalaman multimedia yang lebih kaya dengan dukungan sistem operasi Blackberry 7. Resolusi tinggi pada layar 3,2 inci dan fungsi papan ketik geser menghasilkan pengalaman tersendiri bagi penggunanya saat menggenggam BlackBerry Torch 9810.

 

BlackBerry Torch 9850 dan 9860

Kedua ponsel pintar Blackberry ini menawarkan fungsi sistem operasi Blackberry 7 yang lebih cepat dengan disain all-touch. Hadir dengan ukuran 3,7 inci yang merupakan layar terlebar yang dimiliki Blackberry, sehingga menyajikan web pages, foto, video dan games yang lebih menawan.

Belanja Online Dengan Aman

aman belanja-onlineBelanja secara online memang menyenangkan, Anda tinggal menyalakan PC, aktifkan internet dan dengan beberapa kali klik, Anda bisa memilih barang yang diinginkan dan setelah transaksi terjadi, barang akan langsung dikirim ke tempat tujuan. Semua itu bisa dilakukan tanpa beranjak dari depan komputer.

Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan hal-hal penting yang bisa membuat belanja online Anda menjadi tetap menyenangkan. Karena banyak bahaya mengintai yang siap menjerumuskan Anda.

Berikut beberapa tips sederhana agar belanja online Anda lebih aman dan nyaman:

1. Hati-hati memberi informasi
Jangan pernah untuk memberi tahu berbagai informasi mengenai data keuangan Anda, seperti nomor PIN, password atau nomor penting lainnya yang berhubungan dengan keuangan Anda. Para pedagang tidak membutuhkan hal itu, jadi jika ada kolom yang menanyakan hal tersebut lebih baik diabaikan saja.

2. Periksa identitas/status penjual
Pastikan penjual yang hendak Anda beli barangnya memiliki reputasi yang bagus. Periksa apakah penjual tersebut memiliki alamat yang jelas. Hati-hatilah jika mereka hanya mencatumkan nomor telepon serta alamat email gratisan.

3. Perhatikan ikon pada browser
Sebuah browser akan menampilkan ikon tertentu jika situs yang dikunjungi tidak aman atau memiliki status berbahaya. Jika Anda tertarik pada barang yang ditawarkan, sedangkanbrowser menampilkan ikon unsecure, abaikan saja situs tersebut.

4. Pastikan komputer Anda terdapat aplikasi proteksi
Sangat disarankan Anda menggunakan aplikasi proteksi tambahan selain antivirus. Sebaiknya tambahkan dengan aplikasi firewall, enkripsi atau anti-phishing untuk mencegah terjadinya pencurian identitas.

5. Jika ragu, tinggalkan saja
Tampilan yang menarik, harga murah, serta pilihan barang yang beragam memang menggoda. Hal inilah yang bisa dijadikan semacam jebakan oleh situs online ilegal/palsu untuk menarik korbannya. Oleh karena itu jika Anda masih memiliki keraguan akan status si penjual, lebih baik cari situs lain yang sudah lebih terpercaya.

6. Cari situs dengan logo SSL
Mirip tips nomor 3, perhatikan logo SSL pada bagian bawah browser Anda. Logo SSL merupakan teknologi standar keamanan yang mana akan melindungi proses transaksi.

7. Jangan langsung tergiur harga murah
Kadang Anda menemui suatu barang dengan penawaran yang melampaui ekspektasi Anda. Potongan harga yang terlalu tinggi, harga terlalu murah yang cenderung tidak masuk akal kadang merupakan jebakan untuk mengelabui pembeli.

8. Ubah password secara berkala
Saat bertransaksi melalui situs online, biasanya Anda memiliki akun tersendiri yang mana didalamnya disertakan penggunaan password. Nah, lakukan penggantian password secara rutin. Dan yang tidak kalah penting, lakukan log-out setiap selesai melakukan transaksi

Update Status Facebook Gratis di XL GoKlik

GoKlikAnda ingin update status di Facebook atau Twitter tanpa pulsa? Jawabannya ada di WAP Portal pintar bernama goklik. Layanan yang berlaku bagi para pelanggan XL ini bisa diakses langsung dengan mengetikkan http://goklik.co.id melalui browser ponsel dan memasukan alamat proxy dan port (proxy: 202.152.240.50, port: 8080). Untuk pengguna BlackBerry, bisa mengunduh launcher-nya langsung di BlackBerry App World dengan kata kunci ‘goklik’.

Keuntungan yang didapat adalah pelanggan kartu XL dapat meng-update status Facebook, Twitter, membaca berita terbaru dan akses email secara gratis. Di samping itu, pelanggan juga dapat melihat sisa pulsanya dan membeli paket menarik lain dari XL, mulai dari paket nelpon, SMS, paket internet, serta RBT dan Games sesuai kebutuhan.

Beberapa feature yang ditawarkan goklik diantaranya:

  1. Goklik friendsFeature ini memungkinkan pelanggan berkirim pesan ke nomor sesala XL GRATIS, baik pesan ke satu atau kelompok teman dalam grup yang dapat dibentuk sebanyak 20 orang teman/kontak.
  2. Kuis dan Polling. Goklik menyediakan serangkaian pertanyaan seputar musisi/artis dengan hadiah-hadiah menarik yang ter-update tiap minggunya.
  3. Pojok goklik. Ruang mojok dan diskusi komunitas, dibagi menjadi ruang kenalan atau cari jodoh, ruang curhat masalah cinta, atau obrolan terkini perihal gosip, musik, olahraga, serta teknologi.
  4. Regionalisasi. Goklik berfokus pada 10 kota di region berbeda, dimana pengguna akan mendapatkan konten yang berbeda dari satu kota dengan kota yang lainnya.
  5. Download. Halaman ini menyediakan berbagai konten VAS yang bisa didapatkan dengan sekali klik, termasuk RBT, wallpaper, ringtones, hingga games-games menarik. Portal pintar ini akan secara otomatis mendeteksi jenis game yang sesuai dengan ponsel pengguna untuk ditawarkan.

Makna Logo Beberapa Sistem Operasi

Tiap sistem operasi memiliki logo yang menandakan ciri khas dari masing-masing produk. Tidak hanya sekedar sebagai tampilan dari sebuah sistem operasi saja, logo-logo tersebut juga memiliki arti tersendiri serta sejarah dalam proses pembuatan namanya.

Agar orang mengingat produk yang dimaksud maka dibuatkan logo yang menggambarkan dari masing-masing karakteristik. Namun tahukan Anda maksud dan tujuan digunakannya logo-logo tersebut? Berikut kami sertakan penjelasannya.

Logo Windows1. Microsoft Windows
Logo jendela mulai diperkenalkan sejak rilis Windows 3.1 diawal tahun 90-an. Dengan tampilan berbentuk kotak yang memiliki batas hitam bertahan hingga tahun 2001. Metamorfosa terjadi pada saat XP dirilis, desain jendela dibuat melambai layaknya bendera berkibar. Selanjutnya untuk Vista dan 7 dibuat lebih elegan dengan logo jendela yang lebih bersinar. Jendela sebagai logo digambarkan sebagai kumpulan aplikasi yang disusun dalam tiap jendela. Hal ini untuk memudahkan menjalankan aplikasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Sedangkan desain 4 warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

Logo Linux2. Linux
Maskot Linux berupa binatang pinguin ternyata menjadi pilihan karena Linus Torvalds sang pencipta Linux pernah digigitnya saat berada di kebun binatang. Entah mengapa hal itu malah membuatnya makin terobsesi pada binatang ini. Awal berdirinya, diadakan kontes untuk membuat logo Linux. Dan meski tidak menang kontes tersebut, Linus malah tertarik dengan maskot bikinan salah seorang peserta yang bergambar pinguin dan menyuruh para desainer untuk merancang ulang dan membuatnya sebagai logo resmi Linux di tahun 1996. Sejak itu sang pinguin diberi nama Tux oleh Linus. Banyak yang mengira bahwa Tux merupakan singkatan dari Tuxedo, namun beberapa orang menyebutkan bahwa Tux kependekan dari (T)orvalds (U)ni(X).

Logo Ubuntu3. Ubuntu
Warna merah, jingga dan kuning yang membentuk lingkaran pada logo Ubuntu memang terlihat cukup sederhana namun unik. Padahal logo tersebut merupakan perpaduan tiga orang yang saling berpegangan tangan dan sedang membentuk lingkaran. Hal ini dimaksudkan bahwa Ubuntu menegaskan kebersamaan, solidaritas dan kebersamaan antar umat manusia. Sedangkan tiga warna tersebut mewakili lambang dari berbagai ras yang ada. Hal ini sesuai dengan arti dari Ubuntu yaitu kebersamaan, dimana diambil dari bahasa Afrika.

Logo Chrome4. Google Chrome OS
Logo dengan nama Chrome Ball ini memiliki makna seperti sebuah bola mata yang melambangkan pandangan mengenai wawasan dan pengetahuan. Tidak bisa dipungkiri logo tersebut memiliki tema yang mirip dengan logo Windows dimana memiliki 4 pilihan warna dasar. Selain itu juga diilhami dari beberapa hal yang akhirnya dipadukan menjadi sebuah maskot. Logo tersebut berbentuk bulat yang diilhami dari pokeball dari film Pokemon dan juga berbentuk mirip sebuah webcam, serta dari sebuah game tahun 80-an. Entah mengapa beberapa ilham tersebut dituangkan ke dalam disain logo Google Chrome OS.

Logo Readhat5. Red Hat Linux
Distro Linux yang didistribusikan bagi segmen enterprise ini memiliki tampilan logo yang paling flamboyan. Disini terlihat seseorang menggunakan topi merah dengan pose yang cukup misterius. Jika saja ditambahkan sedang menghisap rokok maka akan makin mirip dengan tokoh detektif film holywood jaman dahulu. Sebenarnya penamaan Red Hat sendiri berdasarkan dari sebuah topi yang sering digunakan oleh penemunya yaitu Marc Ewing saat masih kuliah di universitas Carnegie Mellon. Dari situlah berawal ide menjadikannya sebagai logo Red Hat. Apalagi logo tersebut sesuai dengan keinginan Marc Ewing yang ingin memberi kesan bahwa Red Hat adalah distro yang penuh misteri dimana membuatnya makin menarik untuk digunakan.

Logo MacOS X6. MacOS X
Sistem operasi desktop buatan Apple ini menggunakan logo X yang diambil dari angka Romawi dalam menunjukkan angka 10, sesuai dengan versi 10 yang dirilis sejak tahun 2001. Tampilan logo X yang seperti menggunakan bahan baja menggambarkan ketangguhan dan dominasi namun minimalis. Paket teranyarnya yaitu Leopard versi 10.5 mengambil latar belakang bernuansa luar angka dari sebuah film Holywood karya Stanley Kubrick, 2001: A Sapce Odyssey. Pengambilan latar tersebut berdasarkan film yang bertemakan tentang evolusi manusia, teknologi, kecerdasan buatan dan kehidupan angkasa.

Logo Suse7. OpenSUSE
Sistem operasi berbasis Linux buatan Novell ini menggunakan seekor bunglon berwarna hijau sebagai logonya. Bunglon dengan nama Geeko digunakan sebagai maskot sejak awal keberadaan OS ini yang didesain oleh beberapa peserta pada kompetisi membuat desain logo OpenSUSE. Geeko merupakan plesetan dari geek. Pengertian geek disini maksudkan bukan sebagai kutu buku, tapi digambarkan sebagai seorang yang peduli dengan teknologi open-source. Nama Geeko juga merupakan plesetan dari Gecko, seekor kadal kecil yang biasa hidup di iklim hangat.

Setting Workgroup Jaringan

Workgroup pada jaringan komputer digunakan untuk membagi wilayah kerja jaringan. Untuk jaringan dengan wilayah skala kecil dapat dibagi menjadi satu atau dua workgroup. Semua komputer client pada jaringan lokal sebaiknya berada dalam workgroup yang sama. Hal ini bertujuan agar jaringan berada pada suatu wilayah yang sama dengan jaringan yang lain. Selain itu, agar jaringan dengan cepat dan mudah mengenali komputer client lain. Berikut ini cara mengkonfigurasi workgroup pada Windows :

  • Masuk pada Control Panel. Klik Start à Control Panel sehingga tampak jendela Control Panel.
  • Kemudian klik ganda pada ikon Network Setup Wizard, sehingga muncul kotak dialog Network Setup Wizard.

 Setting Workgroup 1

 Gambar .Tampilan Awal Network Setup Wizard

  • Kemudian klik Next sampai muncul tampilan yang menanyakan metode koneksi yang akan digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan. Klik Other untuk melihat koneksi tersebut, kemudian klik Next.
  • Kemudian akan muncul pertanyaan yang akan menanyakan apakah komputer yang pakai terhubung dengan internet atau tidak. Pilih The computer connect to the Internet through a resedential gateway or through another computer on my network.
  • Kemudian klik Next sampai muncul tampilan yang menanyakan metode koneksi yang akan digunakan untuk menghubungkan komputer jaringan. Klik Other untuk melihat koneksi tersebut, kemudian klik Next.
  • Kemudian akan muncul pertanyaan yang akan menanyakan apakah komputer yang pakai terhubung dengan internet atau tidak. Pilih The computer connect to the Internet through a resedential gateway or through another computer on my network. 
  • Pada tampilan selanjutnya isikan deskripsi dan nama komputer yang akan digunakan dalam jaringan, kemudian klik Next.
  • Kemudian akan muncul tampilan semua setting konfigurasi workgroup yang telah dilakukan. Klik Next
  • Proses setting workgroup yang telah dikonfigurasi akan tampil. Tunggu sampai Windows selesai melakukan konfigurasi.
  • Setelah selesai maka akan muncul tampilan konfigurasi workgroup yang telah di-setting. Pilih Just Finish The Wizard, kemudian klik Next.
  • Kemudian akan muncul tampilan terakhir yang menyatakan proses konfigurasi workgroup jaringan komputer telah selesai. Klik Finish untuk mengakhirinya.

Pengertian IP Address pada Jaringan Komputer

Setiap komputer dalam suatu jaringan memiliki identifikasi alamat yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Ada dua metode yang untuk pengalamatan  komputer dalam sebuah protokol TCP/IP, yaitu :

  1. Static IP Addressing
  2. Dynamic IP Addressing (DHCP)

Dalam mendesain sebuah jaringan komputer, terutama yang terhubung dengan internet, kita perlu menentukan IP Address untuk setiap komputer dalam jaringan tersebut, IP ini juga akan digunakan untuk menentukan rute yang harus dilalui oleh paket data.

Pembagian Kelas IP Address

Jumlah IP address yang tersedia secara teoritis adalah 255.255.255.255 atau sekitar 4 milyar lebih yang harus dibagikan ke seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia. Pembagian kelas-kelas ini ditujukan untuk mempermudah alokasi IP Address, baik untuk host/jaringan tertentu atau untuk keperluan tertentu.

IP Address dapat dipisahkan menjadi 2 bagian, yakni bagian network (net ID) dan bagian host (host ID). Net ID berperan dalam identifikasi suatu network dari network yang lain, sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network. Jadi, seluruh host yang tersambung dalam jaringan yang sama memiliki net ID yang sama. Sebagian dari bit-bit bagian awal dari IP Address merupakan network bit/network number, sedangkan sisanya untuk host. Garis pemisah antara bagian network dan host tidak tetap, bergantung kepada kelas network. IP address dibagi ke dalam lima kelas, yaitu kelas A, kelas B, kelas C, kelas D dan kelas E.

Perbedaan tiap kelas adalah pada ukuran dan jumlahnya. Contohnya IP kelas A dipakai oleh sedikit jaringan namun jumlah host yang dapat ditampung oleh tiap jaringan sangat besar. Kelas D dan E tidak digunakan secara umum, kelas D digunakan bagi jaringan multicast dan kelas E untuk keprluan eksperimental. Perangkat lunak Internet Protocol menentukan pembagian jenis kelas ini dengan menguji beberapa bit pertama dari IP Address. Penentuan kelas ini dilakukan dengan cara berikut :

Bit pertama IP address kelas A adalah 0, dengan panjang net ID 8 bit dan panjang host ID 24 bit. Jadi byte pertama IP address kelas A mempunyai range dari 0-127. Jadi pada kelas A terdapat 127 network dengan tiap network dapat menampung sekitar 16 juta host (255x255x255). IP address kelas A diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar, IP kelas ini dapat dilukiskan pada gambar berikut ini:

Dua bit IP address kelas B selalu diset 10 sehingga byte pertamanya selalu bernilai antara 128-191. Network ID adalah 16 bit pertama dan 16 bit sisanya adalah host ID sehingga kalau ada komputer mempunyai IP address 167.205.26.161, network ID = 167.205 dan host ID = 26.161. Pada. IP address kelas B ini mempunyai range IP dari 128.0.xxx.xxx sampai 191.155.xxx.xxx, yakni berjumlah 65.255 network dengan jumlah host tiap network 255 x 255 host atau sekitar 65 ribu host.

 

Ip Address
IP address kelas C mulanya digunakan untuk jaringan berukuran kecil seperti LAN. Tiga bit pertama IP address kelas C selalu diset 111. Network ID terdiri dari 24 bit dan host ID 8 bit sisanya sehingga dapat terbentuk sekitar 2 juta network dengan masing-masing network memiliki 256 host.

Ip Address

IP address kelas C digunakan untuk keperluan multicasting. 4 bit pertama IP address kelas C selalu diset 1110 sehingga byte pertamanya berkisar antara 224-247, sedangkan bit-bit berikutnya diatur sesuai keperluan multicast group yang menggunakan IP address ini. Dalam multicasting tidak dikenal istilah network ID dan host ID.

IP address kelas E tidak diperuntukkan untuk keperluan umum. 4 bit pertama IP address kelas ini diset 1111 sehingga byte pertamanya berkisar antara 248-255.

Sebagai tambahan dikenal juga istilah Network Prefix, yang digunakan untuk IP address yang menunjuk bagian jaringan.Penulisan network prefix adalah dengan tanda slash “/” yang diikuti angka yang menunjukkan panjang network prefix ini dalam bit. Misal untuk menunjuk satu network kelas B 167.205.xxx.xxx digunakan penulisan 167.205/16. Angka 16 ini merupakan panjang bit untuk network prefix kelas B.

Mengkonfigurasi TCP/IP


Implementasi TCP/IP pada Windows98 meliputi protokol standar TCP/IP, kompatible dengan TCP/IP berbasis jaringan. Protokol standar TCP/IP termasuk:

  1. Internet Protocol,
  2. Transmission Control Protocol (TCP),
  3. Internet Control Message Protocol (ICMP),
  4. Address Resolusion Protocol (ARP),
  5. User Datagram Protocol (UDP).

TCP/IP harus dikonfigurasikan sebelum dahulu agar bisa “berkomunikasi” di dalam jaringan komputer. Setiap kartu jaringan komputer yang telah diinstall memerlukan IP address dan subnet mask. IP address harus unik (berbeda dengan komputer lain), subnet mask digunakan untuk membedakan network ID dari host ID.